Senin, 21 Januari 2013

Membuat aplikasi di Facebook


 

Punya facebook dong? Pernah maen game di facebook dong? Buat yang nggak pernah maen game di facebook, pernah kirim-kiriman hadiah di facebook dong? atau paling nggak pernah dapat info siapa aja teman yang ultah dong? kalau semua nya masih belum pernah… jangan-jangan facebook nya beda nih… facebook yang saya maksud yang ada dihttp://www.facebook.com ya.

Semua game, hadiah dan yang lain-lain itu namanya Facebook Application.  Jadi aplikasi nya berjalan didalam web nya facebook. Bagaimana caranya? kemana kita harus mendaftar? susah nggak ya buatnya? bayar nggak ya?

Kabar baik buat kita semua para developer PHP, facebook aplication itu free, tanpa harus membayar apapun. Selain gratis, facebook aplication juga sangat mudah dibuat, apalagi untuk para programmer PHP… kita udah dibuatin framework sama facebooknya, jadi tinggal pakai fungsi-fungsi yang ada di framework tersebut langsung bisa jalan facebook application kita.

Ok… biar lebih kebayang, langsung aja kita coba. Berikut langkah-langkah nya:

1. Pastikan kamu bisa membuat sebuah program PHP yang bisa diakses dari internet.
Program Facebook application kita nantinya akan berada di server kita sendiri, bukan di server facebook. Kita hanya perlu memberi tahu facebook alamat web/url program kita tersebut. Jadi syarat pertama untuk membuat facebook application adalah: anda harus bisa membuat sebuah program PHP yang di publish di internet. Kita nggak perlu sewa 1 server untuk facebook application kita, cukup 1 shared hosting aja, atau pakai saja hosting gratisan. Kalau sudah punya hosting buat sebuah program sederhana php, apalagi kalau bukan hello world 

1

<?php

2

echo "Hello World";


 

3

?>


Beri nama filenya hello.php
Jika kamu sudah bisa melihat Hello World hasil program tersebut di browser dengan menggunakan IP Publik atau domain internet artinya langkah pertama sudah benar.

2. Download Facebook Client PHP Framework
Untungnya menjadi programmer PHP adalah, kita sudah disediakan framework oleh facebook, jadi hidup kita jadi lebih mudah karenanya. Download dari link berikut ini:
http://svn.facebook.com/svnroot/platform/clients/packages/facebook-platform.tar.gz
Extract file tersebut kedalam directory yang sama dengan hello.php tadi.

3. Update hello.php menjadi facebook application
Program hello world kita di langkah 1 tadi adalah program hello world biasa, kita harus mengubahnya menjadi facebook application. Ubah hello.php tadi menjadi seperti dibawah ini:

01

<?php

02

include_once('facebook-platform/php/facebook.php');


 

03

  

04

$api_key = 'xxx';


 

05

$secret = 'yyy';

06

  


 

07

$facebook = new Facebook($api_key, $secret);

08

$facebook->require_frame();


 

09

$user = $facebook->require_login();

10

echo "Hello World";


 

11

?>


Simpan file hello.php tadi kemudian lihat hasilnya di browser anda. Jika muncul tampilan facebook dengan pesan "Invalid API key specified" artinya langkah ketiga kamu sudah benar. Invalid API key specified itu artinya aplikasi kita ditolak karena API key nya salah. Kita harus mendaftarkan aplikasi ke facebook dahulu untuk mendapatkan API key yang valid. Cara nya seperti langkah keempat dibawah ini.

4. Daftarkan aplikasi kita ke facebook
Login ke 
http://www.facebook.com kemudian buka linkhttp://www.facebook.com/developers/createapp.php
Isi application name: namaanda_hello
Pilih Agree dan save change.
Nah, dibrowser akan muncul halaman baru. Disitu ada API Key dan Secret. Copy kan isi API Key dan Secret tersebut ke program hello.php kamu tadi.

Kemudian pindah ke menu Canvas.
Isi Canvas Page URL: dengan application name kamu tadi.
Isi Canvas Callback URL: dengan alamat web/url program hello.php kamu.
Save Changes.

Dan selesai. Mudah kan 

Untuk melihat aplikasi anda, buka http://apps.facebook.com/%5Bnama aplikasi anda]
Contohnya: 
http://apps.facebook.com/jakhello/

Jika kita bisa buat hello world di facebook application, artinya kita bisa buat aplikasi lainnya juga di facebook.

Salam PHP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar